Home

Thursday, December 15, 2011

[Review] L.A. Noire: The Complete Edition









Team Bondi dan Rockstar Games (R*) akhirnya meluncurkan L.A. Noire (LAN) ke pc game setelah lebih dari tujuh tahun masa pengembangannya pada November lalu. Game bertema action adventure 3rd person shooter ini, lebih menitikberatkan ke sisi investigasi seorang dektektif polisi dalam mengungkap berbagai kasus kriminalitas di dalam masyarakat kota Los ANgeles, era 1947, dibandingkan ke sisi adegan tembak menembak maupun adegan kejar-kejaran memakai mobil ataupun dengan kaki. Sisi investigasi macam apakah yang ditawarkan oleh game ini??





Game ini menceritakan, salah seorang pahlawan perang semasa perang melawan Jepang, Letnan Satu Marinir Cole Phelps yang mendaftarkan diri untuk masuk ke Kepolisian Kota Los Angeles (LAPD) dan memulai karirnya sebagai petugas polisi. Cole yang memiliki rasa idealisme tinggi sekaligus sangat patuh terhadap peraturan yang ada, menjalani profesi barunya itu dengan perjalanan karir yang gemilang. Seringkali, Ia mampu memecahkan banyak kasus kriminalitas jalanan di kota LA, meskipun dirinya baru sebatas sebagai polisi patroli biasa. Karena bakat kecerdasannya itulah, akhirnya sang atasan menaikkan pangkat dan jabatan Cole sebagai detektif polisi.

Alur kisah cerita utama dalam game ini berlangsung linear, hanya ada satu ending dan sebagian cerita berjalan secara flashback, sebagian lainnya berjalan maju mundur. Yakni, beberapa cutscene movie menceritakan latar belakang si Cole sebagai seorang perwira pertama Marinir Amrik dalam suka dukanya memimpin pasukannya ke garis terdepan dalam menghadapi pasukan Jepang. Lalu di beberapa cutsecne lainnya menceritakan latar belakang beberapa kasus besar yang sedang diselidiki oleh si Cole, dan isi cutscene movie itu kadang menceritakan masa lalu, kadang masa kini.

Karir dan kepopuleran Cole terus menanjak dengan cepat di kota LA, seiring makin banyaknya keberhasilan yang ia lalukan ketika menangani kasus-kasus krimininal besar. Hingga ia menjabat sebagai detektif bagian Narkoba, Perjudian dan Alkohol, puncak karirnya di LAPD. Kasus-kasus besar yang ditangani COle itu seringkali berkaitan dengan beberapa petinggi kota LA, sehingga pada akhirnya membuat mereka merasa gerah dengan sepak terjangnya. Pada suatu hari si Cole ketahuan terjatuh gara-gara tersandung kerikil yang ia buat sendiri, maka para pejabat tersebut segera memutuskan untuk bertindak dengan menurunkan jabatannya.



Mengapa si Cole membuat kerikilnya sendiri?? Well, dari awal hingga akhir cerita, gamer takkan mengetahui dengan pasti, mengapa hal tersebut terjadi. Perlu diketahui, Cole itu adalah seorang pria berkeluarga, memiliki istri dan dua anak perempuan. Dari awal permainan, kehidupan Cole yang sederhana digambarkan secara sekilas hidup dengan keluarga kecil yang bahagia di tengah-tengah kota LA. Tapi, ketika bertugas sebagai polisi dan berpasangan dengan seorang partner, si Cole tak pernah sekalipun membicarakan soal keluarganya, entah yang kisah senang, bahagia, sedih, galau, dll dst dsb-nya.




...................................
selengkapnya baca di sini: gamexeon.com

No comments:

Post a Comment